Penerapan 8 SNP

PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
NO
JENIS
SUDAH DILAKSANAKAN
AKAN DILAKSANAKAN
1
Standar Isi 1. Pelaksanaan Kurikulum  
berdasarkan  Kurikulum 2013
2. Melibatkan TIM penyusun Kurikulum 2013
3. Pengembangan kurikulum melalui penyusunan Kurikulum 2013
4. Melaksanakan kurikulum dengan prinsip pengembangan kurikulum 2013
5. Penyusunan kurikulum muatan lokal dan pendidikan berkarakter
6. Melaksanakan program pengembangan diri : Ekstrakurikuler dan konseling
7. Pelaksanaan program prakerin
9. Menetapkan KKM
10. Membuatan kalender pendidikan
1. Program Pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling
2. Aspek penentuan KKM
3. Melakukan kegiatan evaluasi Prakerin.
4. Work Shop Guru tentang KBM
2
Standar Proses 1. Setiap mata pelajaran memiliki RPP
2. Proses pembelajaran berbasis TIK
3. Pelaksanaan pembelajaran sesuai langkah-langkah pembelajaran
4.Pelaksaan program keahlian bekerja sama dengan DU/DI
5. Supervisi kelas
6. Memberi kesempatan guru untuk ikut pelatihan
1. Melakukan Penyamaan Materi KBM dengan kebutuhan DUDI
2. Pengadaan buku tesk siswa belum sebanding
3. Menggunakan buku sumber di perpustakaan
4. Evaluasi guru dalm proses pembelajaran (Supervisi Guru)
5. Work Shop Perangkat Pembelajaran
3
Standar Kompetensi Lulusan 1. Siswa lulus diatas KKM
2. Ketersediaaan bahan ajar
3. Penggunaan Laboratorium
4. Pengalaman belajar dalam mapel produktif  dan adatif  memanfaatkan sumber belajar dan lingkungan
5.Penegakaan tata tertib sekolah
6. Peringatan Hari besar keagamaan dan hari besar nasional
7. Pembiasaan Hidup bersih, sehat, percaya diri dan bertanggung jawab
8. Ibadah sholat berjamaah
9. berpartisipasi dalam bermasyarakat
10. Siswa mengikuti berbagai lomba
1. Melaksanakam KegaiatanProgram Kerja  IPM
2. Mengikuti lomba ketrampilan berhitung dan menulis
3. Melaksanakan kegiatan Tutorial Materi UN.
4. Melaksanakan Kegiatan BAKSOS
4
Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan 1. Pendidik latar belakang S1 dan S2
2. Latar belakang pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan (FKIP)
3. Guru memiliki kompetensi keahlian, sehat jasmani dan rohani
4. Guru merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran
5. Guru memiliki integritas dan kepribadian yang baik
6. Guru menguasai materi pelajaran yang diampu
7. Guru produktif memiliki sertifikat sesuai keahlian
8. Ketua program memiliki SK
9. Ketua program keahlian memiliki pengalaman mengajar dan kemampuan managerial
10. Kepala sekolah memiliki minat KWU
11. Memiliki tenaga adminitrasi berpendidikan menengah atau sederajat
12. Memiliki kepala perpustakaan yang bersertifikat
13. Memiliki kepala laboratorium dengan kualifikasi pendidikan sesuai dan bersertifikat
14. Memiliki laboran dengan kualifikasi akademik sesuai standar tenaga laboran
15.Rata-rata kehadiran guru dalam satu semester 99 persen
16. Kelulusan siswa tiap tahun 100 %
1. Merencanakan program supervisi akademik secara kontinyu
2. Memaksimalkan tenaga perpustakaan dari guru mapel
3. Guru yang sudah berijazah S1 didorng untuk melanjutkan studi ke S 2
4. Mengikuti kegiatan pelatihan Admintrasi/TIK.
5. Pengantian Penjaga Sekolah
5
Standar Sarana dan prasarana 1. Sekolah memiliki lahan luas
2. Lokasi sekolah berada dilokasi yang aman dan nyaman
3.sekolah memiliki fasilitas pembelajaran yang berada dilokasi yang sesuai peruntukannya
4. Struktur bangunan stabil dan kokoh
5. Sekolah memiliki sanitasi didalam dan diluar yang dapat memenuhi kebutuhan
6. Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup
7. Instalansi listrik 22000 watt
8. Sekolah memiliki buku teks pelajaran
9.Pemeliharaan sekolah dilakukan secara berkala
10. Sekolah memiliki sarana ruang kelas, perpustakaan, kepala sekolah, guru, tempat ibadah,UKS, jamban/WC, Gudang, Lab Komputer siswa
11.Sekolah memiliki ruang pembelajaran sesuai dengan yang disyaratkan standar Sarpras
12.Sekolah memiliki ruang penunjang
13. Program keahlian memiliki ruang pembelajaran khusus
14.Sekolah memilki unit produksi / business center
15. Sekolah memiliki BKK
16. Sekolah memiliki sarana olah raga, alat musik untuk siswa, pengeras suara dan tape recorder
1. sarana kelas perlu dilengkapi (papan pajangan, rak hasil karya siswa
2. Penambahan Brandwitt
6
Standar Pengelolaan 1. Sekolah memiliki visi dan misi
2. Perumusan visi dan misi ditetapkan melalui keputusan bersama
3. Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka menengah, rencana kerja tahunan.
4. Sekolah memiliki struktur organisasi dan mekanisme kerja
5. Sekolah memiliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis
6. sekolah melaksanakan kegiatan kesiswaan dan pembinaan prestasi
7. Sekolah melakukan pengembangan kurikulum
8. Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugas
9. Sekolah mengelola sarana dan prasarana pembelajaran
10.Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan melakukan pembukuan yang teratur
11.Sekolah melibat masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan
12.Teknisi dan laboran mengikuti pelatihan kejuruan
13. Memiliki program sistem manajemen mutu
14. Memiliki unit produksi / businnes center
15. Memilki BKK
16. Evaluasi kinerja pendidik secara periodik
17. Memiliki struktur kepemimpinan sesuai standar pendidik dan tenaga kependidikan
1. Memberdayakan terhadap alumni
2. Pemberdayaan bimbingan dan layanan
3. Merencanakan memberikan penghargaan bagi guru yang berprestasi
4. Merencanakan penggalian sumber dana peran serta masyarakat
5. Mendorong guru untuk meningkatkan pengetahuan tengan Teknologi Informatika (TI)
7
Standar Pembiayaan 1. Sekolah memiliki dokumen investasi sarpras2
2. Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, honor dan gaji guru
3. Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan, pengadaan ATK dan penyelenggaraan rapat dinas
4. Sekolah menganggarkan biaya transportasi dan perjalan dinas
5. Sekolah menganggarkan ujian dan test semester
6. Sekolah menganggarkan biaya penunjang kegiatan prakerin, uji kompetensi, bimbingan karier dan program KWU
7.Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel
8. Sekolah mengadakan biaya pendaftaran ulang setiap awal tahun pelajaran
9. Sekolah memiliki pedoman pengelolaan keuangan sebagai dasar dalam penyusunan RKAS
10. Sekolah memiliki buku kas umum
11. Sekolah membuat laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan
1. Peningkatan honor atau gaji guru dan Karyawan
2. Mendorong guru untuk menyusun modul pembelajaran
3. Sekolah mengusahakan biaya bagi siswa tidak mampu dan berprestasi
8
Penilaian Pendidikan 1. Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester
2. Teknik penilaian dalam silabus mata pelajaran produktif  sesuai dengan indikator pencapaian KD.
3. Guru mengembangkan instrumen , pedoman penilaian dan teknik penilaian sesuai dengan bentuk dan karakteristik mata pelajaran.
4. Guru mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa disertai dengan komentar.
5. Guru menilai kepribadian siswa dan sikap siswa pada akhir semester
6. Guru menginformasikan nilai kepribadian dan sikap kepada guru Kewarganegaraan.
7. Ketua Program keahlian melakukan evaluasi sesuai dengan POS
8. Program keahlian menentukan kriteria kenaikan dan kelulusan siswa.
5. Rata-rata kelulusan diatas KKM
6. Sekolah menyerahkan SKHU UASBN dan ijazah kepada setiap siswa yang telah lulus
1. Program remidi dan pengayaan dibuat secara teratur
2. Setiap tahun peningkatan KKM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar